Kamis, 26 Januari 2017

Perbedaan Pacaran Di Jepang dan Indonesia



Hai semuanya..
Apa kabarnya nih?? Maaf ya sabtu yang lalu gak bisa ngepost,karena masalah koneksi juga datanya yang mau dipost kedelete…
Nah karena juga kuliahku,lagi kosong,makanya bisa post hari nih..
Oke,pada postingan kali nih akan membahas salah satu alasan kenapa aku suka dengan negara jepang..
Yup seperti yang ada dijudul,kali nih kita akan membahas perbedaan pacaran di jepang dan Indonesia.



Jika kita sering menonton film atau anime (romance) biasanya sering kita melihat scene bagaimana pacaran di jepang sana. Dari pkdtnya sampai bagaimana untuk menyatakan perasaan sukanya kepada seseorang. Kalau untuk di  Indonesia pacaran itu sendiri sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian remaja . Ingat ya sebagian gak seluruh remajanya. Meskpin sama-sama pacaran,tapi ada perbedaan yang jauh . Jika penasaran silahkan pembahasan dibawah ini.

Dibahas yanddijepang dulu ya.

  1. Moment Penembakan ( Kokuhaku )

Dijepang sendiri istilah nembak cewek atau menyatakan suka disebut “Kokuhaku”. Biasanya sebelum menyatakan sukanya kepada seseorang,seorang cowok akan mengajak teman ceweknya itu buat jalan-jalan,tapi jalan-jalan ramai,jadi bisa berempat atau berenam pokoknya ramai gak hanya mereka berdua saja.  Nah ketika perjalanan pulang dari jalan-jalan itulah,si cowok tadi bakalan nembak si cewek yang disukainya. Simple banget kan.

  2. Tidak Bilang Cinta , Tapi Suka

Jika kita sering menonton anime atau film dorama jepang,ketika ingin menjadikan pacar,mereka selalu mengucapkan “Daisuki” (Sangat suka) tidak pernah mereka bilang “Aishiteru” (Cinta). Karena istilah CInta ini biasanya diungkapkan ketika seorang pria sudah memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius atau pernikahan dengan seorang wanita.

  3. First Date Biasanya Di Restaurant Mewah

Kalau ini saya pernah liat si salah satu scene live action. Biasanya si cowok akan mengajak ketempat yang gak pernah si cewek nyangka akan diajak kesitu,karena you knowla seperti judulnya,karena mahal. Tapi biasanya kencan pertamanya aja,selanjutnya kamu gak wajib kesana juga,bisa cuman jalan-jalan bareng ke mall atau nonton bioskop maybe.

  4. TIdak Ada Istilah Antar jemput

Nah Untuk yang satu ini saya suka banget ,kenapa? Karena istilah antar jemput disana pun berbeda banget sama di Indonesia. DIjepang sendiri karena hampir rata penduduk semuanya menggunakan transportasi umum yaitu kereta api,maka pasangan yang mau ngedate gitu lebih banyak bertemu di salah satu stasiun daripada menjemputnya dirumah.
Begitu juga ketika pulang ngedate,si cowok hanya mengantarkannya sampai di stasiun,gak sampai kerumah. Nanti ketika sudah sampai dirumah masing-masing barunya si cowok akan sms si cewek buat memastikan si cewek udah dirumah dengan selamat.

  5. Gak Ada Cowok Yang Selalu Traktir

Ini yang paling suka gaya pacaran dari jepang , gak ada istilah semuanya cowok yang traktir.  Dijepang sendiri ketika kita makan gitu,biasanya ya habis makan maka ya bayar sendiri-sendiri. Gak ada istilah asal date cowok semuanyalah yang akan bayar ini itu. Sistem disana mandiri. Kalau pun ada paling karena baru ada dapat sesuatu buat dirayain,beda konteksnya.
Hemat banget pacaran kayak gini gak tekor tiap ngedate haha..

  6. Tidak Mengenalkan Pasangan ke Orangtua

Kalau dijepang sendiri orang tua tidak terlalu sibuk untuk mengharuskan seseorang mengenalkan pasangannya langsung kepada mereka. Mengenalkan suatu pasangan itu biasanya dilakukan ketika pasangan ini sudah serius menjalin hubungan atau sudah serius untuk menikah. Barulah pasangannya dikenalkan secara detail ke orang tua masing-masing.

Nah sekarang kita bahas yang diindonesia,sesuai urutan di Jepang ya.


  1. Penembakan Wajib Banyak Yang Tau dan Tempatnya Romantis

Untuk ini sendiri udah sering saya dengar ceritanya,gak ada istilah diam-diam udah jadian ajagitu,pasti ada seseorang yang meramaikannya buat semua orang atau dunia tau kalau kita akan menembak cewek,terlebih lagi biasanya cewek yang udah tau bakalan ditembak gebetan cowoknya biasanya pengen banget tuh kalau ditembak ditempat yang romantic,pokoknya nguras tenaga dan uang banget bah,itu pun belum tentu jadi.

  2. Cinta,Cinta Mati pokoknya Cinta Selamanya

Berbeda dengan jepang tadi kalau diindonesia suka aja gak cukup,kalau bisa sampe cinta mati segalalah pokoknya dah,berlebihan banget,padahal belum tentu juga sama dia nikahnya beda banget. Kalau kita cuman modal suka aja terus mau pacaran,pasti ada 1000 pertanyaan dari si cewek yang meragukan kesukaan kita itu, di indo suka itu belum tentu mau,jauuh.

  3. Tiap Ngedate di Tempat Mewah

Kalau ini mah wajib istilah bro. MAkanya kebanyakan yang pacaran pasti hari senin-jumat itu selalu berhemat-hemat banget biar hari sabtunya nanti bisa ngajak si doi jalan-jalan ketempat yang agak wowlah . Dan itu bukan cuman sekali aja,tapi tiap ngedate bro atau biar enaknya tiap minggu lo harus kesana. HAbis hemat ya hemat lagi lagi haha.

  4. Kita Ojek si Cewek

Kalau untuk ini gak bisa dipungkiri lagi bro,lo gak ada kendaraan? Gak akan bisa pacaran di Indonesia bro,why?? U knowla,ketika kita sudah jadian sama si cewek idaman kita,hal pertama akan dilakukan besoknya ialah menjemput dan mengantar doi sampe dirumah bro. Dan tiap keluar kita wajib jemput dan ngantar doi . Kalau seandainya kita gak ada atau istilah ogah gitu sama yang begituan,maka si cewek akan bilang , “ Jadi gunanya cowok itu apa??” Njir,sakit banget memang kalau disini,semuanya tergantung sama kendaraan si cowok,si cowok gak ada kendaraan byelah bro,nasib nasib.

  5. Cowok yang Traktir semuanya!

Nah ini bener banget tiap kita sudah sama si doi nih,semua biaya mau dari apapun itu jajan kek makan,minum,beli apapun,kebanyakan mah cowok yang beli semuanya,si cewek tinggal nunjuk atau bilang aja mau beli apa. Udah kebukti? Udah banget *pengalaman* haha,yakin lah tiap minggu dompet lo gak akan pernah berisi banyak bro,paling cuman buat isi pulsa 5000 aja masih minta emak lagi bro. Lo minta masing-masing? Imposibro bisa bro.

  6. Wajib dikenalkan sampai seluruh dunia tau.

Wah kalau ini mah gak usah bingung kita,ketika seseorang jadian,karena sekarang juga sudah banyak social media,maka semua akun social medianya akan membahas dia yang baru jadian dengan si doi,full dimana-mana , seakan seluruh dunia wajib tau itu bahwa dia baru jadian sama doinya.

Tadi adalah beberapa dari gaya pacaran jepang dengan Indonesia ,memang Nampak perbedaaannya antara,sangat jauh,entah itu pengaruh dari Negara maju atau tidak kita tidak tahu. Dan aku jujur lebih suka gaya pacaran jepang karena tidak terlalu mengekang kita ketika pacaran,tapi ketika menikah sudah beda ceritanya,sedangkan di Indonesia sendiri baru pacaran tapi kekangnya melebihi orang yang sudah menikah saya.
Intinya suka hati lo sih pacarannya mau kayak mana yang penting hubungannya nyaman aman terus udah cukup hehe.
Dan menurut para pembaca sendiri gimana pacaran di indonesia ini?? Atau lebih suka yang jepang??


Terima kasih sudah membaca postingan kali ini,mohon maaf jika ada kesalahan penyebutan diatas,semua diatas merupakan pendapat pribadiku sendiri tanpa ada campur tangan orang lain,sekali lagi terima kasih dan mohon maaf jika ada kesalahan. Sampai berjumpa di postingan berikutnya jaa nee :D


EmoticonEmoticon