Rabu, 25 Januari 2017

Alasan Kenapa Programmer Lebih Suka Dengan Linux Dibandingkan Windows

Tags


Meskipun terdapat banyak sistem operasi, tapi sistem operasi windows lah yang hingga saat ini masih menjadi favorit oleh sebagaian orang. karena stabil, mudah digunakan dan juga ringan sistem operasi windows menjadi favorit oleh banyak orang di dunia.
Meskipun begitu, ternyata banyak programmer-programmer di dunia yang lebih suka menggunakan sistem operasi linux. Waw, apa sih istimewanya dari linux kok sampai banyak programmer di dunia lebih menyukainya? berikut ulasanya.

1. Linux Bisa Digunakan Gratis


Linux merupakan sistem operasi yang open source, nah karena itulah sistem operasi linux bisa digunakan dan disebarkan secara gratis. berbeda dengan sistem operasi lainya yang berbayar, bahkan harus membayar mahal untuk bisa menggunakanya. Kelebihan lainya adalah kita bisa mengedit source code dari sistem operasi linux. Oleh karena itu banyak programmer yang menyukai linux karena bisa dimodifikasi sesuai kebutuhannya.


2. Linux Mudah Didapatkan

Karena sistem operasi linux ini gratis dan open source, semua orang bebas mengedarkan dan menyebarkanya secara gratis. Kita bisa mendapatkan dengan mudah sistem operasi linux di internet. Meskipun sistem operasi windows juga bisa anda dapatkan dengan mudah di internet, tapi sistem anda tetap harus membayar atau membelinya jika ingin menggunakan. Jika anda tidak mau membayar, anda bisa meng-crack sistem operasi windows tersebut.

3. Tools Yang Lengkap Dan Juga Mendukung

Berbeda dengan sistem operasi lainya yang tidak dilengkapi dengan tools atau aplikasi-aplikasi yang lengkap. Sistem operasi linux ini disertai dengan tools yang lengkap dan sangat membantu para programmer untuk menguji hasil kode yang mereka buat. Selain itu ada juga tools-tools lainya yang bisa digunakan untuk "bereksperimen" dan juga kegiatan hacking.


4. Linux Mendukung Banyak Banyak Bahasa Pemrograman
Sudah pasti programmer akan menggunakan sistem operasi yang mendukung banyak bahasa pemrograman. nah linux adalah sistem operasi yang mendukung banyak bahasa pemrograman. Dengan begitu para programmer akan terbantu pekerjaanya jika menggunakan sistem operasi linux. Banyak bahasa pemrograman yang didukung oleh sistem operasi linux, diantaranya adalah C, PHP, Java, Phyton dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang didukung oleh linux.


5. Keamanan Yang Terjamin


Sistem operasi linux adalah sistem operasi yang sangat aman, karena anda tidak mungkin menemukan virus jika menggunakan sistem operasi linux. Bagaimana tidak, lha wong hacker aja pakai sistem operasi linux, masa mau nyerang sistem operasinya sendiri. Nah karena itu sistem operasi linux aman dan sangat lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi windows maupun mac os.


6. Linux Ringan

Sistem operasi linux adalah sistem operasi yang ringan, sangat cocok diinstall di komputer atau laptop anda yang tidak memiliki spesifikasi tinggi. Sistem operasi linux tidak membutuhkan sumber daya yang besar untuk proses penginstallanya.


EmoticonEmoticon