Minggu, 22 Januari 2017

Apa itu Wireframe dan Manfaatnya

Tags

Sebagai seorang designer maupun project manager, kita perlu itu terlebih dahulu dari apa sih itu wireframe dan manfaat dari menggunakan sebuah wireframe dalam suatu project. Jadi saya akan coba memberikan opini saya tentang apa itu wireframe dan manfaatnya.

Apa itu Wireframe dan Manfaatnya?

Wireframe adalah sebuah kerangka dasar/blueprint dariBRIEF atau rangkuman dalam suatu project. Secara garis besar wireframe ini dibuat untuk membuat suatu gambaran yang akan di-implementasikan pada suatu project dalam brief tersebut.
Dalam Wireframe ini, kita meletakan beberapa komponen-komponen penting pada posisinya masing-masing halaman. Misalnya pada halaman Login, kita menempatkan beberapa inputan dasar dan beberapa button dari aplikasi tersebut.
Apa itu Wireframe dan Manfaatnya

Manfaat Wireframe?

Setiap proses pengerjaan suatu project, masing-masin memiliki manfaatnya. Di sini saya akan jelaskan manfaat dari menggunakan konsep Wireframe.
  1. Dengan menggunakan metode Wireframe, kita membatu client untuk menentukan komponen-komponen yang memang wajib tersedia pada aplikasinya.
  2. Wireframe juga lebih focus ke bentuk fitur dan elemen, jadi tidak terlalu terganggu dengan elemen desain lainnya layaknya text maupun warna (karena wireframe focus pada hitam dan putih).
  3. Menggunakan metode Wireframe sebagai kerangka dasar adalah langkah yang tepat, karena ketika kita salah dalam peletakan sebuah elemen maka kita akan lebih mudah revisi karena hanya perlu menghapusnya (jika menggunakan tekhnik manual).

Sekian tentang Apa itu Wireframe dan Manfaatnya, semoga bisa dipahami dan bila ada yang kurang mohon maaf dan bila penambahan silahkan dikomentari saja nanti saya akan update.  jadi mohon sabar untuk menunggu 🙂


EmoticonEmoticon