Kamis, 26 Januari 2017

Jepang Negara Vending Machine

Tags



Yoo yoo
What’s up guys

Gimana kabarnya?
Baik-baik aja kan?

Nah kali rythien membahas mengenai vending machine . Yup, jika sudah bicara vending machine pasti kita langsung mengingat ke negara jepang .

Negara Jepang selain dikenal sebagai Negara Matahari Terbit dan Negeri Sakura, Jepang juga terkenal sebagai Negara 1000 vending machine. Mesin penjual otomatis ini akan lebih mudah ditemui di Jepang dibandingkan sepeda motor .

Kultur orang Jepang yang selalu tepat waktu menjadi alasan kenapa mesin ini begitu banyak disana. Mereka tidak mempunyai cukup banyak waktu untuk sarapan, dan dengan adanya mesin ini, mereka bisa melakukan sarapan atau meminum kopi di dalam perjalanan ke sekolah, kampur, ataupun kantor.
Menurut catatan sejarah, Vending Machine pertama kali ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria.

Sedangkan di Amerika Serikat sendiri , mesini ini muncul pada tahun 1888 untuk menjual permen karet yang dibuat oleh Thomas Adams Gum Company. Mesin penjual otomatis modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880 yang menjual kartu pos.
Seiring berjalannya waktu, mesin ini akhirnya masuk ke Jepang. Tawaraya Koichi, yang berprofesi sebagai tukang mebel dan seorang penemu, diyakini sebagai pembuat mesin otomatis yang pertama di Jepang.
Mesin penjual otomatis yang pertama menjual tembakau yang diciptakan Koichi di i Bakan (sekarang Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi) pada tahun 1888.
Mesin ini menjadi populer di Jepang pada akhir 1950-an dengan “Fountain-style Juice Dispenser.” Sebuah kotak yang dipasang dengan air mancur berisikan jus.
Keberhasilannya melebihi ekspetasi banyak orang dan dengan harga yang sangat terjangkau di masa itu, yakni 10 yen pergelas. Setelah itu, banyak perusahaan yang muncul untuk terjun dalam bisnis mesin penjual otomatis, dan perusahaan bir juga mulai memasuki industri ini.
Karena dinilai sangat cocok dengan kehidupan sehari-hari di Jepang, mesin penjual otomatis pun cepat berkembang biak. Di tahun 1864, jumlahnya sekitar 240,000 dan melonjak ke angka 1 juta pada tahun 1970.
Memasuki tahun 1984, tercatat ada lebih dari 5 juta mesin penjual otomatis yang tersebar di seluruh wilayah Jepang. Menurut banyak pengamat, salah satu kesuksesan industri mesin penjual otomatis di Jepang karena letaknya yang bisa ditempatkan dimana saja.
Di negara lain, untuk alasan keamanan, lokasi mesin biasanya ditempatkan dalam ruangan seperti kantor, pabrik, dan sekolah.
Karena di Jepang tingkat vandalisme dan pencurian sangat rendah, mesin ini bisa ditempatkan dipinggir-pingir jalan yang sangat membantu mobilitas orang Jepang.
Hadirnya mesin penjual otomatis ini juga membuat produksi uang koin di Jepang melonjak. Pada tahun 1967, uang koin 100 yen diciptakan dari perak dengan nikel yang murah.

Adanya mesin penjual otomatis membuat sirkulasi uang koin yang beredar di Jepang saat itu ada sebanyak 800 juta, dan meningkat menjadi 1,6 miliar hanya dalam waktu dua tahun. Kini, ada 10 miliar uang koin yang beredar di Jepang.
Mesin penjual otomatis terus berkembang pesat di Jepang, dan tidak lagi hanya menjual makanan dan minuman. Hal ini selaras dengan karakter orang Jepang lainnya yang suka sesuatu yang unik, dan bahkan kadang tidak masuk akal. Bahkan sekarang juga ada vending machine untuk bunga, dasi, sepatu, hingga mobil.
Mesin ini juga mulai dijadikan alat promosi untuk mempromosikan produk terbaru dari suatu perusahaan, ataupun ajang promosi untuk tim olahraga dari kota setempat.
So , jangan pada heran ya jika kamu bisa berkunjung ke jepang dan melihat ke sekeliling banyak banget vending machine yang tersedia dengan berbagai barang yang dijual :D


soucre: dailyjapan


EmoticonEmoticon