Minggu, 22 Januari 2017

Mengenal Apa itu Phising, Cara Kerjanya Dan Menghindarinya

Tags

Phising

Phising adalah suatu metode yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi penting menggunakan fake form login yang sebenarnya adalah situs palsu bukan yang asli.

Phising diambil dari kata inggris adalah "Fishing" yaitu memacing. Jadi Phising itu memancing sesorang untuk memasukin situs palsu, dan memancing informasi pribadi seseorang.

Phising sangatlah berbahaya. ketelitian kurang sedikit saja, bakalan hilang akun medsos anda, jadi kenali cara kerjanya dan cara mengatasinya diblog ini.

Selain menggunakan link phising bisa saja dimasukan dalam suatu aplikasi yaitu keylogger. belum tau apa itu keylogger? dan bahayanya baca juga Apasih Itu Keylogger?. Nah jadi anda jangan  asal klik link ataupun jangan asal install program yang tidak dikenal karena sangatlah berbahaya.

Cara Kerja Phising


  1. Si pelaku membuat sebuah link palsu/situs palsu dan mengirim di medsos, email, dll. biasanya si pelaku akan membujuk target menggunakan gambar menarik seperti like gratis, follower gratis, dan macam-macam
  2. Target mulai untuk tertipu dan si target pun mengeklik link palsu tersebut.
  3. Target mulai mengisi data-data penting mereka dan tanpa disadari itu adalah situs palsu
  4. Dan semua data pribadi tersebut telah terkirim entah ke email pelaku ataupun ke server pelaku
  5. Akun terget pun telah diambil, dan biasanya si pelaku akan mengeshare link palsu tersebut ke teman teman kita agar mendapatkan hasil yang lebih banyak

Cara Menghindari Phising


Sebernarnya sih ini tergantung ketelitian dan kewaspadaan anda saja, karena untuk mengetahui link phising sangatlah mudah sekali. Anda bisa melihat perbedaan dari link asli dan link palsu dari alamt url saja. biasanya link asli www.facebook.com dan link palsu biasanya berupa www.ffacebook.com. bedakan? ya beda tipis oleh karena itu tergantung ketelitiian anda saja.

Selanjutnya anda jangan mau asal klik link sembarangan. biasanya pelaku asal kirim link phisingnya eh ternyata ke anda, nah ini hati hati aja biasanya berupa form login palsu dan biasanya yang masuk trojan yang penting hati hati aja.


Kasus Phising
Kemarin ada temen saya yang lapor ke saya. nah katanya password facebooknya salah terus, terus saya bilang mungkin salah ketik kali. eh taunya memang bener ga bisa. pas saya telusuri eh ternyata dia kena phising facebook. saya tanya "lu kirim data facebook lu ke link ini?" terus dijawabnya iya. dia tanya balik "facebook saya bisa dikembaliin ga nih gan?" terus saya jawab "mana bisa gan kan udh ke ganti password, yaudah lain kali jangan asal klik link terus ngasih data pribadi". Dia jawab "okelah gan mungkin saya harus lebih hati hati lagi agar tidak kejebak lagi".

Bagaimana udah kenal belum sama phising? pasti kenal dong, kalo ada phising bisikin aja "itu dosa loh" wkwkwk. Cara kerjanya tau juga kan? menghindari phising pasti sangat mudah bukan? 

Semoga Bermanfat :) 


EmoticonEmoticon