Rabu, 10 Februari 2016

Tutorial Jaringan LAN

Tags

Belajar membangun jaringan LAN (Local Area Network) sebenarnya sangat mudahdan sederhana namun dibutuhkan ketelitian dan menguasai sedikit tentang komputer,bagi andaayng sedang atau akanmemulai belajar tentang jaringan komputer berikut ini sedikit kita akan berbagi ilmu bagaimana cara membangun sistem jaringan LAN (Local Area Network) dengan Topologi Star. Sebelumnya anda dapat membaca postingan terlebih dahulu tentang topologi jaringan. LAN dengan topologi star ini biasanya banyak dipakai oleh para pemilik warnet/game online, namun ada juga beberapa perusahaan yang menggunakan topologi ini terutama dengan jarak jangkau antara satu PC dengan lainnya tidak terlalu jauh. Untuk memulai membangun jaringan ini berikut alat-dan bahan yang diperlukan.
  1. PC dua buah atau lebih
  2. Network Card/Lan Card
  3. Hub/Switch
  4. Kabel UTP(panjang disesuaikan dengan jarak antar PC)
  5. Konektor RJ45
  6. Tang Crimping
  7. Pisau cutter/Gunting
Setelah bahan tersebut tersedia pembangunan LAN bisa langsung dilakukan. Berikut panduannya....
  1. Potong masing-masing ujung kabel menggunakan pisau cutter/gunting kira-kira 1-2 cm.
  2. Masukan masing-masing ujung kabel yang sudah dipotong tersebut ke RJ45,lihat tutornya disini Konfigurasi Kabel LAN untuk pemasangan kabel ke konektor RJ45.
  3. Setelah semua kabel terpasang dengan RJ45 masukan salah satu konektor ke masing-masing land card yang terpasang pada masing-masing PC dan ujung lainnya tertancap ke port yang ada pada hub/switch, saya sarankan untuk memakai land card yang terpasang pada slot PCI bukan agar dalam proses transfer file bisa maksimal. Pastikan pula driver lancard tersebut sudah terinstall.
  4. Terakhir lakukan konfigurasi IP pada masing-masing komputer.
Setting IP pada Windows XP 

Klik Start -> Control Panel -> Network Connection -> pilih Local Area Connection -> klik kanan icon tersebut, pilih Properties -> pada tab General pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik Properties -> tandai use the following ip address dan pada bagian IP Adress, isi dengan 168.192.1.1-255 (isi pada tiap PC secara berurutan) tekan TAB pada keyboard dan otomatis pada Subnet Mask akan terisi 255.255.255.0 dan klik OK.

Setting IP pada Windows 7
Klik Start -> Control Panel -> pilih Network and Internet -> Network and Sharing Center -> pada jendela bagian kiri klik Change Adapter Settings -> Klik kanan pada Icon Local Area Network dan klik Properties -> muncul jendela baru, pada tab menu klik Networking -> kemudian sorot Internet Protocol Version 4 lalu klik Properties -> tandai use the following ip address dan pada bagian IP Adress, isi dengan 168.192.1.1-255 (isi pada tiap PC secara berurutan) tekan TAB pada keyboard dan otomatis pada Subnet Mask akan terisi 255.255.255.0 dan klik OK. Note Untuk windows 7 apabila memakai IP Dynamic biasanya langsung connect tanpa setting IP manual. Begitulah cara membangun LAN secara sederhana, apabila terdapat kesalahan mohon informasinya. Semoga postingan ini bisa membantu.terimakasih


EmoticonEmoticon